Senin, 02 Desember 2013

Beberapa Sholat Sunnah yang Dilaksanakan Setelah Matahari Terbit (Isroq) Di TQN PP.Suryalaya

- SHOLAT SUNNAH ISROQ
Sholat Isroq dilaksanakan setelah matahari terbit satu jengkal dan naiknya kira-kira sepenggalah, atau antara jam 6 s.d. Jam 6.30 pagi, dilaksanakan sebanyak 2, 4, sampai 6 roka'at. 
Niatnya: 
ushollii sunnatal isyrooqi rok'ataini lillaahhi ta'aalaa
"Aku niat sholat sunmat isroq dua roka'at karena Allah Ta'ala". 
->Bacaanya ba'da fatihah: 
- Roka'at Awal surat Al-Kafirun atau surat An-Nur:35 
- Roka'at Kedua surat Al-Ikhlas atau surat An-Nur:36-38. 
Ba'da salam membaca do'a: 
alhamdulillaahhil ladzii ja'alal yauma 'aafiyataw wa jaa-asy syamsu mim mathla'ihhaa, alloohhummarjuqnii khoiro hhaadzal yaumi wadfa' 'annii syarrohhu, alloohhumma nawwir qolbii binuuri hhidaayatika kamaa nawwartal ardlo binuuri syamsika abadan abadaa, birohmatika yaa arhamar roohimiin.
"Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan hari ini sejahtera, dan telah terbit matahari dari tempatnya. Ya Allah, berikanlah aku kebaikan hari ini, dan jauhkanlah aku dari keburukan hari ini. Ya Allah, terangkanlah hatiku dengan cahaya dan hidayah-Mu, sebagaimana telah Engkau terangi bumi dengan cahaya matahari-Mu terus menerus, dengan rahmat-Mu ya Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang".


- SHOLAT SUNNAH ISTI'ADAH
Sholat Isti'adah dilaksanakan setelah melaksanakan sholat isroq sebanyak 2 roka'at. 
Niatnya: 
ushollii sunnatan isti'aadatar rok'ataini lillaahhi ta'aalaa
"Aku niat sholat sunnat isti'adah dua roka'at karena Allah Ta'ala". 
Bacaannya ba'da fatihah pada: 
1. Roka'at Awal membaca surat Al-falaq 1x. 
2. Roka'at kedua surat An-nas 1x. 


- SHOLAT SUNNAH ISTIKHOROH
Waktunya kapan saja dan di mana saja ketika setelah mengambil suatu keputusan dari suatu urusan, tetapi sangat baik dilaksanakan setelah sholat isti'adah pada waktu isroq, dan pada waktu ba'da maghrib, dan dilaksanakan sebanyak 2 roka'at. 
Niatnya: 
ushollii sunnatal istikhooroti rok'ataini lillaahhi ta'aala.
"Aku niat sholat sunnat istikhoroh dua roka'at karena Allah Ta'ala". 
Surat yang dibaca setelah fatihah: 
1. Roka'at awal surat al-kafirun. 
2. Roka'at kedua surat al-ikhlas. 
Atau boleh surat apa saja. 
Setelah salam membaca do'a: 
alloohhumma innii astakhiiruka b'ilmika wastaqdiruka biqudrotika, wa as-aluka mim fadllikal 'azhiimi, fa-innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta'lamu wa laa a'lamu wa angta 'allamul ghuyuubi wa shollalloohhu 'alaa sayyidinaa muhammadiw wa aalihhii wa ashhaabihhii wa sallama wal hamdu lillaahhi robbil 'aalamiin.
"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon petunjuk kepada-Mu dengan pengetahuan-Mu, berilah aku kekuatan dengan kekuatan-Mu, dan aku memohon kepada-Mu segala karunia-Mu yang sangat luas, karena sesungguhnya Engkau kuasa dan aku tidak punya kekuasan, Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui, dan Engkau mengetahui yang ghoib. Semoga rahmat Allah tercurah kepada Tuanku Muhammad dan keluarganya dan sahabatnya serta keselamata. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam". 



Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar